Jumat, 16 Desember 2011

STRATEGI BELAJAR MENGHADAPI UJIAN

MAU UJIAN?
Strategi Belajar Menghadapi Ujian Nasional

Strategi ke 1: Strategi Singkat-padat
Buat catatan yang pokok-pokonya saja yang penting ini apa yang diajarkan guru biasa kamu pahami dan catat dibuku. Kalo ada pokok yang belum jelas, Tanya langsung saja sama gurunya. Tidak usah malu, tidak usah sungkam. Malamnya baca lagi catatan pokok tadi

Strategi ke 2: Strategi memilih waktu
Waktu yang paling tepat untuk belajar adalah sebelum makan malam. atau waktu-waktu sehabis makan yang masih tepat. Dengan begini kamu bisa tidur lebih cepat dan cukup, bangun pagi segar dan otak pun encer!

Strategi ke 3: Strategi tempat Tenang
Strategi ini sederhana,suasana dan tempat yang tenang membantu konsentrasi belajar tinggi, dirumah kamu bisa atur kamar supaya tidak berisik, kalo suka belajar sambil mendengarkan musik, cari musik yang lembut saja. disekolah kamu bisa pilih diperpustakaan sekolah.

Strategi ke 4: Strategi Kuasai Wilayah Baru
Anggap materi yang sudah kamu kuasai adalah wilayah kekuasaanmu. Dan anggap materi yang belum kamu pahami adalah wilayah baru yang mau dijelajahi. menentang, kan baca cari buku lain, tanya guru, orang tuan, teman, kakak, siapapun yang kamu pikir bisa. kalo sudah ketemu kuncinya, jangan lupa STRATEGI 1: Singkat-Padat. Tulis pokok materinya saja dengan bahasamu sendiri. Dan wilayah kekuasaanmupun akan bertambah luas!

Strategi ke 5: Strategi rencana Rapi-jali
Supaya tidak bingung mau belajar apa saja, buat dulu rencana materi yang mau dipelajari. Rencana ini isinya daftar materi yang mau dipelajari. Buat berdasarkan urutan prioritas yang pokoknya penting, simpan paling atas, contoh:
- Belajar proses pencernaan manusia (sains)
- Belajar proses bilngan bulat (matematika)
- Belajar Peribahasa (bahasa indonesia)
Kalo sudah ok, mulai belajar sesuai rencana tadi. jangan tergoda untuk pindah kedaftar berikutnya, kalo kamu belum selesai menguasai yang sedang kamu pelajari. ini namanya disiplinn ok!

Strategi ke 6: Strategi istirahat tak kulupa


Strategi ke 7: Strategi bentuk kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar