Senin, 30 Januari 2012

Al-quran dan Sains Langit dan Bumi

LANGIT DAN BUMI PERNAH MENYATU


 
 

Bagaimana ilmu pengetahuan modern memandang proses terjadinya alam semesta? Dalam buku Bible,Al Quran and Science,Dr.Maurice Bucaille menyatakan,proses awal terbentuknya alam semesta ini,terletak pada berkondensasinya material material dalam Nebula primer yang di lanjutkan dengan terbaginya material material itu dalam pecahan pecahan yang kemudian membentuk permulaan massa galaksi.massa galaksi tersebut kemudian terpecah lagi menjadi bintang bintang yang kemudian mengawali terbentuknya planet planet.lalu apa yang dikatakan Al Quran berkaitan dengan berkondensasi dan disusul dengan terpisahnya materi primer tersebut yang kemudian pada akhirnya membentuk alam semesta? mari kita perhatikan ayat dibawah ini.

 
Dan apakah orang orang yang kafir itu 
 
tidak mengetahui bahwasannya
 langit dan bumi itu keduanya dahulu

adalah sesuatu yang padu, 

kemudian kami pisahkan antara keduanya. 
 
dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. 
 
maka mengapakah mereka tiada juga beriman
 
(Surah Al Anbiyaa ayat 30)
 
Untuk menggambarkan bentuk padu tersebut,Al Quran menyebutnya dengan istilah 'Ratq' yang artinya sesuatu yang terjalin,seperti terjalinnya kain dari benang,kemudian 'Fataqa' yang artinya ada sesuatu yang membuat jalinan itu terlepas.
jadi dalam ayat ini bumi dan seluruh benda benda langit berasal dari satu kesatuan yang kemudian menjadi terpisah.


Dr.Maurice bucaille melihat bahwa pernyataan Al Quran mengenai adanya proses pemisahan dari satu unsur primer yang bagian bagian nya pada awalnya merupakan satu kesatuan merupakan sesuatu yang sangat sesuai dengan ilmu pengetahuan.hal ini kemudian menimbulkan satu tanda tanya besar,jika Al Quran ini bukanlah Firman Tuhan,bagaimana seorang manusia pada abad ke 7 mampu mengeluarkan satu pernyataan tentang bagaimana terbentuknya alam semesta yang pernyataan itu kemudian dibenarkan 14 abad kemudian secara saintifik?
 
Prof.Alfred Kroener dari university of Maine,Jerman,
menyatakan bahwa,bagi seseorang yang tidak memahami pengetahuan Fisika Nuklir pada 1400 tahun yang lalu,adalah tidak mungkin mampu mengeluarkan pernyataan bahwa langit dan bumi memiliki kesamaan asal.(has a same origin).

 
Turunnya Al Quran,yang tidak ada keraguan padanya,



(adalah ) dari Tuhan semesta alam.
(Surah As Sajdah ayat 2)
 
 

Menurut para ahli astrofisika matahari adalah bintang yang diperkirakan berusia 4,5 Milyar tahun.adalah memungkin kan untuk menentukan suatu tahap dalam evolusinya,sebagaiman juga pada bintang yang lain.pada saat ini,matahari berada pada tahap awal.ciri dari tahap awal ini adalah bertransformasinya atom atom hydrogen menjadi atom atom helium.secara teori,tahap awal ini akan berlangsung selama 5,5 milyar tahun menurut perhitungan yang memperkirakan bahwa lamanya tahap ini akan memakan waktu 10 milyar tahun untuk masuk dalam tahap primer bagi jenis bintang ini.telah diketahui bahwa pada jenis bintang yang lain,tahap ini akan diikuti dengan tahap yang kedua yang dicirikan dengan selesainya masa transformasi hydrogen menjadi helium ini,yang kemudian di ikuti dengan meluasnya bagian lapisan terluar dari matahari dan kemudian terjadinya proses mendinginnya matahari.pada tahap terakhir ini,cahaya matahari akan jauh berkurang dan kepadatan matahari akan meningkat.hal ini telah di observasi pada sejenis bintang yang disebut dengan istilah white dwarf.
 
Apa yang menjadi titik pokok pembicaraan kita dari data diatas adalah petunjuk adanya evolusi dalam penciptaan alam semesta.bahwa alam semesta tidak terjadi begitu saja tapi mengalami proses proses pembentukannya.dan masih terus berproses.data mutakhir telah memungkinkan kita untuk memahami dan memprediksi bahwa dalam waktu milyaran tahun dari sekarang,tata surya kita ini akan berbeda dengan yang kita tinggali sekarang.sebagaimana bintang bintang yang dari masa transformasinya hingga masa tahap akhir nya telah di observasi,hal yang sama juga dapat dilakukan untuk memprediksi masa akhir dari matahari kita ini.
 
Masih banyak ayat ayat yang berkaitan dengan alam semesta dalam Al Quran,yang semakin dalam kita memahaminya,makin jelas betapa ayat ayat tersebut sangat berkesuaian dengan fakta yang ditemukan oleh para ilmuwan.

Minggu, 22 Januari 2012

Arus listrik

Arus Listrik? Tegangan Listrik? Daya Listrik?

ELEKTRON, APAAN TUH……………..
Secara terminologi, arus berarti banyaknya entitas yang mengalir dalam suatu jalur atau penghantar per satuan waktu. satuan waktu yang biasa digunakan adalah sekon. oleh karena itu, arus listrik berarti banyaknya elektron yang mengalir dalam suatu penghantar (konduktor) per satuan waktu. banyaknya elektron di atas dapat disebut sebagai muatan dari elektron itu tersendiri..
Jika dianalogikan sebagai air yang mengalir dalam selang (molekul air adalah elektron dan pembuka keran sebagai sumber daya), maka molekul air tersebut akan mengalir ketika adanya pendorong atau dalam hal ini adalah sumber daya yang membuat molekul air tersebut dapat mengalir. Begitu juga dengan elektron, elektron tersebut dapat mengalir ketika adanya sumber arus yang dapat mendorong elektron tersebut sehingga bisa mengalir dengan leluasa.
Sesuai dengan konvensi, seperti yang dikeluarkan oleh Benyamin Franklin (1706 – 1790), arus dapat diinterpretasikan sebagai aliran dari elektron. Arus dapat disimbolkan dengan huruf alfabet, I. Adapun satuan dari arus listri adalah ampere yang dibuat sebagai penghormatan bagi ilmuwan Perancis Andre-Marie Ampere yang berhasil mendefinisikan dan mengembangkan bagaimana mengukurnya pada tahun 1820-an.
Arus dapat dibagi menjadi dua jenis yakni Direct Current (DC) dan Alternating Current (AC). Arus DC adalah jenis arus yang mengalir searah dari suatu sumber tenaga. Arus DC mengalir konstan terhadap waktu. Arus yang mengalir secara bervariasi terhadap waktu. Salah satu sumber arus DC adalah Baterai yang terhubungkan dengan mainan anak-anak. Salah satu sumber dari arus AC adalah listrik yang biasa disuplai oleh PLN.
TEGANGAN LISTRIK
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, arus dapat mengalir jika ada sumber tenaga yang mendorong arus itu untuk bisa mengalir. Sumber tenaga itu dilakukan oleh tenaga eksternal (electomotive force). Tegangan juga bisa didefiniskan sebagai beda potensial, karena potensial dari setiap titik dalam konduktor sulit untuk diukur tidak seperti halnya beda potensial dari tiap titik yang ditinjau yang lebih mudah untuk diukur. Beda potensial adalah besarnya perubahan energi dari titik yang ditinjau terhadap muatan listrik.
Tegangan atau beda potensial dapat disimbolkan dengan huruf alfabet V yang diambil dari ilmuwan Italia, Alessandro Antonio Volta. Adapun satuan dari beda potensial adalah Volt yang diambil dari ilmuwan yang sama.
Daya Listrik.
Kembali pada penyebab mengalirnya arus listrik. Seperti pada penjelasan di atas, arus mengalir karena adanya sumber daya listrik. Lalu apa sebenarnya Daya Listrik itu? Daya listrik adalah besarnya perubahan energi listrik yang mengalir terhadap waktu.
Bila kita membandingkan iluminasi dari bohlam 100 watt dan 60 watt akan berbeda. Bohlam 100 watt tentu akan lebih cerah dari pada bohlam 60 watt. Juga, bila kita hendak membayar tagihan listrik bulanan kita maka yang menjadi tolok ukur dari berapa kita harus membayar tagihan listrik bulan ini adalah dalam satuan watt bukan dalam satuan ampere ataupun volt. oleh karena itu,  satuan dari daya yakni watt juga penting untuk diperhatikan.

10 Cara Agar pintar Belajar

10 Cara Agar Pintar Belajar

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Yap, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.